Independence Day

20140818_070212

20140818_070309

20140818_070456

20140818_070949

20140818_073939

20140818_074310Pada hari Senin tanggal 18 Agustus diadakan acara Independence Day di SMAK 3 Penabur Jakarta yang saat ini menempati area GKI Gunung Sahari dalam rangka merayakan HUT RI yang ke-69. Acara dimulai dengan upacara bendera yang kemudian dilanjutkan dengan demo Pramuka untuk sekaligus merayakan hari Pramuka. Setelah selesai, murid-murid kembali ke kelas untuk absen, kemudian dengan lomba di lapangan.
Selain lomba, beberapa workshop pun dibuka di kelas-kelas, seperti Cooking Class dan Beauty Class. Cooking Class kali ini mengajarkan siswa-siswi membuat klepon yang dibawakan langsung oleh guru-guru SMAK 3 yaitu Ibu Kusumastuti dan Ibu Sari. Lain halnya dengan Beauty Class yang mengajarkan siswa-siswi untuk mempercantik diri, grup Latulip dipanggil untuk membawakan pelajaran make-up.
Sekitar pukul 08.30, lomba dimulai. Lomba pertama adalah lomba Gendong Garing yaitu kerupuk-kerupuk digantung di tali yang diikatkan di dua tiang yang berseberangan. Kerupuk-kerupuk tersebut dipasang cukup tinggi sehingga peserta lomba yang berjumlah 3 orang harus menggendong salah satu dari mereka untuk makan kerupuk tersebut. Pemenang adalah peserta yang paling cepat menghabiskan kerupuknya. Pemenang lomba adalah X-MIA 1, XI-IIS 2, dan XII-S4.
Lomba selanjutnya adalah lomba Biji Berjamaah. Cara bermainnya adalah peserta diberi 3 butir gundu dan 2 buah sendok. Peserta permainan berjumlah 2 orang. Salah seorang berdiri kira-kira 3 meter dari yang lainnya. Kemudian salah seorang dari mereka harus membawa gundu tersebut dengan sendok yang diletakkan di dalam mulut dan memindahkannya ke sendok yang ada pada mulut teman lainnya. Pemenang lomba adalah peserta yang paling cepat membawa 3 butir gundu ke sendok teman lainnya. Pemenang lomba gundu kali ini adalah X-MIA3, XI-MIA 2, dan XII-A2.
Lomba yang ketiga adalah lomba Hop-Hop Goni. Cara bermainnya adalah dua orang peserta ditempatkan dengan jarak kira-kira 4 meter (saling berhadapan). Salah seorang dari mereka diberikan karung. Saat aba-aba diberikan, seorang peserta segera masuk kedalam karung dan melompat menuju peserta yang satunya. Setelah sampai, karung goni langsung dilepaskan dan peserta berganti untuk melompat. Pemenang adalah peserta yang paling cepat sampai ke garis finish. Pemenang lomba karung kali ini adalah X-IIS 1, XI-IIS 1, XII-A2.
Lomba terakhir adalah lomba Stomp N Dor. Cara bermainnya adalah dua kaki dari dua orang peserta diikat dengan balon menggunakan tali. Masing-masing pasangan harus memecahkan balon lawan untuk memenangkan permainan ini. Permainan ini melibatkan para guru.
Secara keseluruhan, terlihat peserta lomba antusias dalam mengikuti lomba yang diadakan. Kendala dari acara ini adalah sulitnya untuk mengumpulkan peserta lomba dikarenakan kondisi lapangan yang sangat panas menyebabkan siswa-siswi kelelahan.
Setelah berakhir lomba-lomba, para siswa dikumpulkan kembali di lapangan untuk absen ke wali kelas masing-masing. Kemudian, acara ditutup dengan doa.
Oleh: Sheren Cahya/ XII-S3