LOMBA LUKIS REXAR 2014

Kamis, 6 November 2014 lalu, saya dan beberapa orang teman saya diutus menjadi perwakilan SMAK 3 Penabur Jakarta untuk berpartisipasi dalam REXAR—acara tahunan SMAK 2 Penabur dalam rangka open house. REXAR tahun ini mengadakan berbagai macam perlombaan seperti futsal, break dance, PMR, recycle craft, melukis, band, dan lain-lain.
Saya pribadi berpartisipasi dalam lomba melukis, sementara itu beberapa orang teman saya yang berangkat hari itu juga mengikuti lomba recycle craft babak ketiga.
Kami berangkat dari sekolah pukul 11, dan lomba dimulai di SMAK 2 sekitar pukul setengah 1. Tema lomba yang saya ikuti adalah ‘Time Machine’—menceritakan perubahan waktu yang dituangkan dalam hasil sebuah karya lukis dengan media kanvas.
Perlombaan berlangsung selama 3 jam. Selama perlombaan berlangsung saya mulai dapat melihat hasil karya peserta lain yang memiliki keunikan dan keunggulan masing-masing. Tepat pukul 4 sore, lomba lukis berakhir. Hasil karya para peserta lomba sangat menarik. Mereka menuangkan pemahaman konsep Time Machine dalam ide-ide unik yang belum pernah saya jumpai sebelumnya sehingga menunggu pengumuman pemenang yang berkisar 1 jam setelah perlombaan usai membuat saya benar-benar gugup. Setelah satu jam berlalu, tepat di lapangan tengah SMAK 2 Penabur diumumkan pemenang lomba lukis REXAR 2014. Semua karya dipaparkan terlebih dahulu. Juara dibacakan dari urutan ketiga yang diraih oleh Penabur International School, lalu berlanjut ke juara 2 yang diraih SMP Kemurnian.
Hasil pemenang kedua dan ketiga memiliki konsep yang sangat menarik dan permainan warna yang berani, sehingga ketika juri membacakan pemenang juara pertama adalah saya, saya merasa senang bukan kepalang mengingat karya para peserta hari itu sangatlah baik. Pengalaman yang sangat berkesan, dan juga menjadi pembelajaran tersendiri bagi saya!
Oleh: Stella Yohanna
Siswi Kelas X MIA 3, SMAK 3 Penabur Jakarta
lukisan1