Kunjungan SMAK 3 ke Panti Sosial Tresna Werdha

Pada hari Selasa tanggal 10 Maret 2015, kelas 11 MIA 1 melakukan kunjungan ke Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 4 yang berada di Jalan Marga Guna 1, Gandaria Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Awalnya kami sekelas berkumpul di sekolah pukul 06.30 pagi dengan menggunakan kaos supporter SMAK 3 yang kami punya sesuai kesepakatan awal.

Perjalanan menuju panti memakan waktu kira – kira 1 sampai 2 jam. Kami berangkat sekitar pukul 08.30 pagi. Dan berdasarkan keputusan awal kelas, yang perempuan bersama Ibu Ari dan Lao Shi Inggrid pergi menggunakan mobil. Sedangkan yang laki – laki bersama wali kelas kami, Pak Eliston, pergi menggunakan kendaraan umum. Mereka naik angkot M12 ke halte Transjakarta Sawah Besar, dan dari sana ke terminal Blok M menggunakan Bus Transajakarta. Kemudian mereka naik metro mini 72 sampai departemen sosial, dan selanjutnya mereka melanjutkan dengan berjalan kaki ke Panti yang tidak terlalu jauh letaknya dari departemen sosial. Namun dalam perjalanan, yang perempuan karena menggunakan mobil, terjebak macet selama beberapa saat. Maka yang laki – laki tiba hampir lebih awal 1 jam dari yang perempuan. Maka untuk mengisi waktu, mereka mengadakan karaokean bersama para opa dan oma disana. Setelah yang perempuan tiba, kami langsung memulai acara kami yaitu pada pukul 10.00 lewat.

Pertama – tama kami mengadakan kebaktian yang dipimpin oleh Ibu Ari dengan Kezia A. dan Jonathan sebagai MC dan dibantu Leo dengan gitar sebagai pemusik. Setelah itu, kami mengadakan acara ulang tahun bagi opa oma yang ada disana. Bersama – sama kami menyanyikan lagu Happy Birthday, kemudian dilanjutkan dengan peniupan lilin dan pemotongan kue. Lalu, setelah berdoa, kami makan siang bersama dengan nasi kotak yang telah kami pesan sebelumnya. Dan sehabis makan, beberapa dari kami berkaraokean lagi dengan opa oma sambil berjoget. Akhirnya sekitar pukul 12.00, kami menutup acara setelah membagikan souvenir yang telah kami siapkan berupa botol minum, sikat dan pasta gigi kepada semua oma dan opa. Setelahnya para opa dan oma kembali ke kamar mereka masing – masing untuk beristirahat. Dan kemudian kami diajak berkeliling panti oleh pengurus yang ada di sana setelah berfoto – foto bersama mereka. Setelah itu, akhirnya kami pulang ke rumah kami masing – masing.

Banyak sekali hal – hal yang dapat kami pelajari dari kunjungan kami ini. Salah satunya ialah untuk selalu menyayangi dan menghormati orang tua kita dan lebih menghormati dan menghargai orang yang lebih tua daripada kita. Selain itu, kami sadar bahwa seharusnya kami lebih bisa meluangkan waktu untuk berbagi kebahagiaan dengan sesama yang kurang beruntung, daripada hanya fokus pada kesibukan pribadi. Kemudian kami juga melihat pada opa oma yang ada di sana, yang dalam usia lanjut, mereka masih tetap berkarya, yaitu dapat dilihat di panti tersebut, dijual kerajinan tangan yang merupakan hasil pekerjaan para opa dan oma, dan juga terdapat beberapa piala yang dipajang salah satunya ialah juara kesenian angklung. Dari sana, kami belajar untuk selalu bersyukur dan berpegang pada Tuhan dan memanfaatkan waktu yang ada dengan hal – hal berguna. Kunjungan kami ke panti ini merupakan pengalaman yang berharga yang tidak akan pernah kami lupakan.

Jessica Kelas XI MIA1

DSC_0036 DSC_0043 DSC_0062 DSC_0076 DSC_0083 DSC_0113 DSC_0139 DSC_0142 DSC_0161