KARWIS SMAK 3 2015

3 1 2

Pada tanggal 21 Oktober – 23 Oktober 2015, Siswa-siswi kelas XII SMAK 3 Penabur Jakarta melaksanakan karya wisata ke Bandung. Tujuan dari karya wisata ini agar kami dapat mengetahui pengalaman bekerja dilapangan. Kami melaksanakan kegiatan ini selama 3 hari dan 2 malam. Pada hari pertama, kami berkumpul di sekolah pk. 06.30 untuk melakukan briefing terakhir sebelum kami berangkat. Sebelum ke Bandung, kami melakukan wisata industri ke PT. Intercallin. Di PT. Intercallin, kami dibagi pengalaman dari para pemimpin perusahaan tersebut tentang cara mengembangkan usaha dan cara pemasaran. Kami juga diajak untuk melakukan tour pabrik baterai. Kami dapat menyaksikan secara langsung bagaimana pembuatan baterai dari awal hingga baterai tersebut siap untuk dipasarkan. Kami juga diberikan pengetahuan tentang jenis-jenis baterai, bahan pembuatan, cara mengolah, dan bagaimana cara pemanfaatan tiap jenis baterai. Setelah selesai melakukan tour pabrik, acara kami selanjutnya adalah sesi tanya jawab. Dimana para siswa/I dan para guru cukup antusias untuk mengajukan pertanyaan. Setelah acara kami di PT. Intercallin selesai, kami melanjutkan perjalanan kami ke Bandung. Perjalanan kami ditempuh selama kurang lebih 3 jam. Kami tiba di Bandung pk 16.00. Sesampainya di hotel, kami langsung diberikan jam bebas.

4 5

Pada hari kedua, kami memiliki 2 rute perjalanan. Dari 197 murid, 55 murid diantaranya melakukan kunjungan ke PT. Dirgantara Indonesia (DI), dan sisanya melakukan kunjungan ke Komunitas Hong. Di PT. DI, para siswa diberikan pengenalan tentang pesawat-pesawat yang pernah dibuat oleh Negara Indonesia. Termasuk pesawat yang pernah dibuat oleh B.J.Habibie. Para siswa juga diajak berkeliling untuk melihat-lihat pesawat tersebut. . Setibanya kami di Komunitas Hong, kami disambut oleh para teteh dan akang yang akan menemani kami selama disana. Kami disambut oleh kelompok musik tradisional Komunitas Hong. Kami juga dikenalkan berbagai permainan tradisional. Kemudian kami dibagi menjadi sepuluh kelompok. Permainan tradisional tersebut sudah dibagi menjadi 10 pos, sehingga setiap regu melakukan rotasi. Setiap regu harus mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya pada masing-masing permainan karena, poin tersebut akan diakumulasi untuk mendapatkan pemenang dari seluruh permainan. Setelah permainan selesai, kami diberikan bandrek dan pisang kukus. Setelah kami menikmati snack, kami berkumpul untuk mendengarkan pengumuman pemenang dan sekaligus menutup acara kami di Komunitas Hong. Sebelum kami berpamitan, kami diberikan buah tangan berupa kincir angin yang dapat bersuara. Setelah makan siang di Sindang Reret, kami melanjutkan perjalanan ke Museum Geologi. Disana kami melihat berbagai artefak, relief muka bumi, proses pembentukan batuan, dan berbagai diorama tentang kejadian alam di muka bumi. Setelah itu, kami kembali ke hotel dan jam bebas.

7 8 9 10

Pada hari terakhir, kami berkunjung ke salah satu universitas di Bandung, yaitu Universitas Kristen Maranatha. Disana kami disambut oleh kakak-kakak yang menjadi pembina kami. Tidak hanya itu, tapi kami juga disambut dengan nyanyian dari band acoustic dan paduan suara. Kami juga diberikan penjelasan tentang jurusan yang ada di Maranatha, khususnya jurusan kedokteran gigi dan jurusan hukum. Setelah penjelasan tersebut, kami dibagi menjadi beberapa kelompok dan didampingin oleh kakak pembina dari Maranatha untuk mengelilingi kampus. Kami melihat ruang seni, perpustakaan, ruang kelas, hingga rumah sakit yang ada di Maranatha. Setelah selesai berkeliling kampus, kami kembali ke bus dan menikmati santap siang. Setelah itu, kami pulang ke Jakarta.

Paulina Priscilla & Devy Permata Putri XII-IPS, SMAK 3 Penabur