SMAK 3 Juara 1 di MATHARATON III UNIKA Atma Jaya

Jumat, 6 November,pk.07.00,  saya dan kedua teman saya (Kenneth Anderson dan Valentino Prasetya) pergi ke Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya untuk mengikuti lomba matematika MATHARATON III yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI). Sesampainya kami di sana, kami melakukan registrasi ulang dan dipandu LO menuju ruang multimedia untuk pembukaan. Kemudian, kami bertiga diajak berkeliling kampus Unika Atma Jaya dan diberi tour singkat mengenai jurusan Teknik Industri. Kami diajak berkeliling ke Laboratorium Sistem Operasi, CNC, dan Telekomunikasi serta diberi penjelasan singkat tentang apa yang dilakukan di lab-lab tersebut dan kaitannya dengan teknik industri. Setelah itu, kami pun diberi waktu untuk makan siang dan beristirahat.

Sekitar pk.13.00, babak penyisihan pun dimulai. Babak penyisihan dari MATHRATON III ini cukup melelahkan karena kami harus berkeliling gedung-gedung di dalam lingkungan kampus untuk mencari pos-pos soal. Selain itu, sesampainya kami di pos-pos tersebut, kami harus menyelesaikan games-games untuk menentukan berapa banyak soal yang kami dapat. Puji Tuhan, kami meraih peringkat 1 di babak ini dengan skor 5050. Kami pun lolos ke babak semifinal dan hari pertama pun selesai.

Sabtu, 7 November, kami bertiga berangkat kembali dari sekolah ke Unika Atma Jaya untuk mengikuti babak semifinal dan final. Lomba dimulai sekitar pk.08.00. Dalam babak semifinal, setiap tim duduk di satu ruangan dan menyelesaikan soal-soal yang ditampilkan di layar dalam batas waktu yang telah ditentukan. Setelah batas waktu habis, peserta harus mengangkat papan yang bertuliskan jawabannya dan akan dinilai benar atau tidak oleh panitia. Puji Tuhan, sekali lagi kami lolos dari babak ini menuju babak final.

Babal final adalah babak yang paling menegangkan bagi kami. Bagaimana tidak, babak finalnya terbagi 3 bagian yang mencakup babak rebutan dan babak lelang! Walaupun kami cukup banyak salah menjawab di babak rebutan, kami berhasil naik kembali dan meraih peringkat 1 sebelum babak lelang. Nah, di babak lelang inilah kami mengambil sebuah resiko besar dengan mempertaruhkan semua nilai kami (all in) dan puji Tuhan, kami benar menjawab dan meraih juara 1

1 2