PADUAN SUARA SMAK 3 BERNYANYI UNTUK NEGARA

Pada tanggal 10 – 11 September 2015 diadakan lomba Paduan Suara tingkat SMA/SMK se-DKI Jakarta dalam rangka memilih lima sekolah terbaik yang akan mengisi upacara kenegaraan pada tanggal 1 Oktober yang memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Perlombaan ini diadakan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan diikuti oleh kurang lebih 25 SMA dan SMK se-DKI Jakarta. Puji Tuhan, SMAK 3 Choir berhasil meraih juara ketiga dalam perlombaan ini dan berkesempatan untuk mengikuti karantina selama 5 hari di Wisma Depsos, dari tanggal 27 September hingga 1 Oktober.

Selama Karantina berlangsung, banyak hal yang bisa dipelajari dan kami berlatih bersama 4 sekolah lainnya. Tim paduan suara ini diberi nama Gema SMA Jakarta dan berjumlah 155 anggota. Kami dilatih oleh 2 orang pelatih vokal yaitu Pak Agus dan Bu Indri, lalu selain berlatih bersama kelompok paduan suara lainnya, kami juga berlatih bersama orkestra sekolah musik dari Yogyakarta dan dari departemen kepolisian.

Di hari upacara, SMAK 3 Choir bersama Gema SMA Jakarta menyanyikan lagu-lagu kebangsaan seperti Gugur Bunga, Pancasila Rumah Kita, Bangun Pemudi-Pemuda, dan Garuda Pancasila. Lagu-lagu tersebut merupakan bentuk penghargaan pada pahlawan negara kita dan peringatan untuk menjaga selalu ideologi negara kita, Pancasila, sehingga terjadilah Hari Kesaktian Pancasila yang peringatannya dilaksanakan di Lubang Buaya sebagai tempat memorial G30S/PKI.

Merupakan suatu kebanggaan, kami, SMAK 3 Choir bisa terpilih dan menjalankan tugas negara seperti ini. Dan diharapkan kami berkesempatan untuk mengemban tugas ini kembali seperti tahun ini dan sebelum-sebelumnya. Pengalaman bisa bertemu banyak pejabat penting negara dan berlatih bersama kelompok paduan suara lainnya ini tidak akan terlupakan.

Bella B. XIIA-4

01 02 03 04 05 06 07 08 09 10 11