LOMBA NPLC 2016

1 NPLC 2 NPLC 3 NPLC

Setelah lolos dari babak penyisihan pada Minggu 21 Februari 2016, Sabtu, Tim saya, Laggernaut (Jasson Liudy, Kenneth Anderson, dan Andreas Cendranata) dan juga dengan tim lainnya dari SMAK 3 yaitu Tim Apa Aja (Steven Kurnia, Fritz Gerald, Gracelia Elizabeth), pada Sabtu 27 Februari 2016 berangkat dari Bandara Soekarnoe Hatta untuk mengikuti final NPLC(National Programming and Logic Competition). Sesampainya di Surabaya Kami langsung menuju ke Universitas Ciputra dimana lomba tersebut diselenggarakan, padahal trial mulai pada pukul 13.00 jadi setelah sampai disana kami sarapan lalu berkeliling kampus hingga waktunya trial tiba.

Saat melakukan trial kami pertama hanya berpikir hanya untuk iseng aja, karena ini kan hanya trial, tapi saat melihat soal trial yang diberikan, kami langsung mengerjakannya dengan serius. Setelah melakukan trial kami sedikit membahas soal yang diberikan. Lalu semua tim yang ikut trial dikumpulkan untuk mengikuti technical meeting. Setelah dari technical meeting kami langsung menuju ke tempat kami menginap lalu beristirahat.

Keesokannya Minggu 28 Februari 2016, kami dijemput oleh panitia dari Universitas Ciputra dari tempat kami menginap. Kami lalu melakukan registrasi ulang ditempat, lalu kami diberikan goodie bag dan juga name tag untuk mengikuti lomba, panitia UC cukup sulit mencari name tag kami, karena nama tim yang lumayan aneh (Laggernaut). Setelah kami dan Tim Apa Aja selesai melakukan registrasi, kami langsung naik ke lantai 7 untuk mengikuti Opening Ceremony yang diadakan oleh UC. Opening Ceremony nya cukup menyenangkan, lalu sekitar jam 09.00 kami langsung diarahkan ke ruang lomba dan mengikuti lomba.

Pada saat lomba berlangsung Saya dan Kenneth mengerjakan soal Essay sedangkan Andreas mengerjakan soal programming hanya di dua jam terakhir Kenneth focus ke soal programming dan saya mengerjakan soal essay. Setelah lima jam mengerjakan soal akhirnya lomba pun selesai dan kami hanya tinggal menunggu pengumuman hasil pemenang lomba.

Saat sudah mendekati pengumuman, ada banyak hadiah special, seperti untuk tim yang mewakili provinsi terjauh, ada juga tim yang setia mengikuti NPLC, dan  lainnya. Setelah semua hadiah special selesai dibagikan, barulah Awarding Ceremony dua kategori diadakan, yang pertama adalah kategori 2 “Technology Business Idea”, lalu berlanjut ke kategori 1 “Competitive Programming”. Saat pengumuman mungkin diantara kami bertiga hanya saya yang merasa khawatir akan pulang dengan tangan hampa, walau kami mendapatkan 3 benar di Programming, tapi saya khawatir dengan essay karena kami belum tahu berapa banyak benar yang kami dapat di soal essay.

Pertama dibaca pemenang dari harapan tiga hingga satu, tidak ada disebut nama kami ataupun Tim Apa Aja, Setelah itu berlanjut ke juara tiga, saat dibacakan bahwa Juara 2 memiliki Point 1550, saya sempat berharap mungkin itu kami, karena pasti ada nilai 50 dibelakang total point kami, dan ternyata harapan saya terkabul, nama tim kami disebut. Saya merasa sangat kaget dan sangat bersyukur pada Tuhan bisa membawa pulang piala dari NPLC.