Serunya Berwisata ke Bandung

Pada hari Rabu, 12 Oktober 2016, SMAK 3 mengadakan kegiatan karyawisata untuk siswa-siswi kelas 12. Kami semua berkumpul di sekolah pada pukul 6 pagi untuk mendapatkan pengarahan singkat, naik ke bus masing-masing, lalu berangkat ke Bandung.

Setibanya di Bandung, kami langsung mengunjungi Institut Teknologi Bandung dan kami berkumpul di aula untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar institut ternama ini. Setelah itu kami dibagi menjadi tiga kelompok yang masing-masing diajak berkeliling oleh beberapa mahasiswa di sana, beberapa diantara mereka merupakan alumni SMAK 3. Tanpa terasa, kami telah menghabiskan 2 jam di sana dan pada pukul 5 kami kembali ke bus untuk pergi makan malam.

Kami makan malam di Cocorico Café and Resto di sebuah tempat khusus untuk guru-guru dan siswa-siswi SMAK 3 dari pukul 6 sampai pukul 9. Telah tersedia makanan lezat yang terhidang secara buffet. Makanan yang dihidangkan ada berbagai macam dari sup, nasi, spaghetti, sayuran, buah-buahan, hingga makanan penutup. Usai acara kebersamaan di Cocorico, kami berangkat menuju tempat peristirahatan kami yaitu Hotel Mutiara.

Hari kedua dimulai dengan makan sarapan di hotel tersebut yang buka pada pukul 6 sampai 7 pagi. Sebelum sarapan, tidak lupa kami mendengarkan renungan pagi terlebih dahulu. Pukul 7 kami pun berangkat menuju Universitas Kristen Maranatha dan disambut dengan ramah oleh mahasiswa di sana. Bahkan mereka telah mempersiapkan sebuah pertunjukkan yang sangat menarik untuk disaksikan. Mahasiswa dari segala jenis UKM yang ada menampilkan kebolehannya dalam seni kung-fu, barongsai, pertujukkan band, tari, paduan suara, dan lain-lain.  Acara pun diakhiri dengan tukar menukar bingkisan dan tanda terima kasih.

Setelah itu kami dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 7-10 siswa yang masing-masing didampingi oleh seorang mahasiswa untuk memudahkan kita semua berkeliling universitas tersebut.  Kami melihat banyak tempat seperti tempat simulasi pengadilan, tempat penyimpanan jenazah, aula, perpustakaan, kantin, dan lain-lain, serta melihat ketika para mahasiswa sedang melakukan berbagai aktivitas, seperti saat mereka memainkan guzheng, sebuah alat musik tradisional dari China,  dan saat mereka sedang memeriksa gigi pasien di rumah sakit gigi milik Universitas Maranatha sendiri. Kami diperbolehkan untuk mencoba alat-alat dan fasilitas yang tersedia. Ternyata acara berkeliling selesai lebih cepat, sehingga kami masih mempunyai waktu luang satu jam sampai akhirnya berangkat ke tempat lain.

Kami meneruskan perjalanan kami ke Taman Begonia, sebuah tempat yang dipenuhi dengan banyak sekali bunga, beberapa dekorasi seperti rumah kecil atau bingkai foto yang dihiasi dengan bunga, yang merupakan tempat yang sangat cocok untuk berfoto-foto bersama teman-teman dan keluarga. Di sana kami juga dipinjamkan topi jerami selama kami masih berada di dalam taman tersebut.

Setiba di Farm House, kami dibagikan selembar voucher yang kami dapat tukar dengan segelas susu segar di sana dan kami diberikan kebebasan untuk berkeliling sesuka hati dengan syarat pukul 5 sudah harus kumpul di dalam bus. Farm House memiliki banyak spot untuk berfoto karena pemandangannya yang indah dan tidak bisa kami temukan di Jakarta serta memberikan kami banyak pengalaman menarik seperi kesempatan untuk memegang kadal, memberi makan domba atau kelinci, bahkan menunggangi kuda.

Tanpa disadari waktu menunjukkan pukul 5, itu berarti sudah waktunya kami berkumpul dan pergi untuk makan malam. Makan malam di hari kedua tidak disediakan oleh sekolah tetapi kami diperbolehkan untuk mencari makanan sendiri di luar hotel sehingga banyak di antara kami yang menggunakan kesempatan ini untuk keluar dan mencoba berbagai jenis makanan di foodcourt ternama di kota Bandung. Pada pukul 10 malam, kami sudah harus kembali ke kamar kami masing-masing.

Hari ketiga yang adalah hari terakhir kami di Bandung juga diawali dengan renungan dan sarapan pagi. Bagi siswa yang tidak ingin sarapan atau memiliki waktu luang, mereka diperbolehkan pergi ke Kartika Sari yang kebetulan berjarak dekat dengan hotel kami. Tak lama kemudian kami juga dibawa ke Prima Rasa untuk membeli snack atau pun oleh-oleh.

Setelah itu kami diantar ke Jalan Riau dan diberi kebebasan 5 jam untuk menelusurinya sampai puas. Ada yang memesan GrabCar untuk berpergian, ada yang tetap tinggal di Jalan Riau untuk melihat toko-toko di sekitar terlebih dahulu, tetapi begitu pukul 12 mereka semua kembali berkumpul di tempat bus berhenti sebelumnya. Makan siang disediakan oleh pihak sekolah. Pukul 1 kami pun siap-siap untuk perjalanan pulang yang memakan waktu kira-kira 2 sampai 3 jam sehingga pukul 4 kami pun tiba di sekolah kami kembali.

Kami bersyukur kepada Tuhan yang telah memberkati seluruh rangkaian kegiatan karyawisata kami sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar. Kami berharap karyawisata yang telah kami alami ini dapat mengukir kenangan indah dan menambah wawasan kami.