PERKS OF BEING AN ORGANIZATION MEMBER

Seringkali, kebanggaan kita saat SMP, SMA, dan kuliah adalah ketika kita bisa menjadi bagian dari organisasi sekolah. Memangnya apa aja sih keuntungan yang bisa kita dapetin dengan join sebuah organisasi?

  1. Punya Keluarga Kedua

Dengan ikut organisasi, kita akan bertemu teman-teman baru yang akan bekerja sama dengan kita selama satu periode. Karena bareng-bareng terus hampir setiap hari, pasti lama-lama jadi lebih dekat, dan akhirnya mereka jadi keluarga kedua kita di sekolah. Seru kan!

  1. Increase Your Creativity

Merancang program untuk satu periode kerja adalah langkah pertama ketika kita masuk ke sebuah organisasi. Supaya acara di sekolah gak itu-itu terus, kita harus melakukan inovasi-inovasi baru yang membutuhkan ide cemerlang. Kreativitas kita akan didorong secara otomatis, lho!

  1. Belajar “Ilmu Manajemen” dan Bertanggung Jawab

Tanpa harus mengambil kuliah jurusan manajemen, para pengurus organisasi belajar ilmu ini langsung di lapangan. Kita harus bisa me-manage segala hal – waktu, biaya, teman-teman kita sendiri. Selain itu, kita pasti akan mendapatkan kesempatan menjadi PIC (Person In Charge) dari suatu program sehingga kita dilatih untuk bertanggung jawab mengatur segalanya.

  1. Control Your Emotions

Perbedaan pendapat dan gaya bekerja seringkali menyebabkan gesekan dalam kehidupan beorganisasi. Bisa dibilang, organisasi itu bergejolak banget, deh. Tidak hanya manajemen waktu dan biaya, kita juga harus pandai mengatur emosi dan menjunjung tinggi profesionalitas dalam bekerja. Menghadapi orang dengan berbagai karakter dan style harus kita pahami sebagai warna dalam organisasi. Jangan sampai dijadikan bahan keributan, yah!

  1. Become A More Caring Person

Sebagai pengurus organisasi, kita akan terdorong untuk menjadi orang-orang yang lebih peka dan peduli. Ketika ingin membuat suatu program, kita akan memikirkan apa yang diinginkan dan diharapkan teman-teman kita, agar aspirasi mereka dapat tersalurkan. Dengan senantiasa berkarya dan melakukan yang terbaik dalam program-program yang dicanangkan, pengurus organisasi juga turut berkontribusi dalam memajukan sekolah dan juga merupakan wujud kepedulian kita. Keren banget, kan!

Enggak cuma berdampak ke lingkungan internal sekolah aja, kita juga terdorong untuk menjadi orang-orang yang peduli terhadap masyarakat sekitar. Mengadakan bakti sosial dan donor darah gratis, menjadi tenaga pengajar untuk anak-anak di lingkungan sekitar sekolah, serta mengadakan kunjungan ke panti asuhan merupakan beberapa program yang diadakan pengurus organisasi agar keberadaan sekolah kita dapat menjadi berkat bagi orang lain.

  1. Tahan Banting!

Jadi anak yang aktif berorganisasi akan membuat kita menjadi orang-orang yang tahan banting dan mampu membuat keputusan dengan cepat dan tepat. Menghadapi orang-orang yang “sulit”, menerima kritik dan protes, mengerjakan serangkaian tugas, menghadapi keadaan-keadaan yang gak terduga ketika kita melaksanakan suatu program menuntut kita untuk bisa membuat keputusan-keputusan mendadak. Fix, kita bakal jadi tough person!

Buat kalian yang ingin merasakan dunia yang sebenarnya dan ingin membuat hidup lebih bermakna, ambillah kesempatan untuk ikut dalam organisasi sekolah. Dijamin, seru!

 

Blessdy Clementine, XII SOS, SMAK 3 PENABUR