SPECTRE (Sport, Entrepreneurship, and Creativity Event) SMAK 3 2016

Pada tanggal 12-13 Desember 2016, OSIS SMAK 3 Bidang 6, 7, dan 9 mengadakan acara akhir tahun bertema olahraga dan kewirausahaan yaitu SPECTRE (Sport, Entrepreneurship, and Creativity Event).

 

Di hari pertama SPECTRE, kami mengadakan kunjungan ke FILLMORE Coffee untuk mempelajari segala hal seputar kopi, dari cara pembuatan serta dari sisi bisnis coffee shop. Coffee Workshop ini diikuti oleh 25 siswa yang mendaftar. Meskipun 12 Desember adalah hari libur, siswa/i SMAK 3 tetap bersemangat untuk mempelajari hal-hal baru. Di sini, kami dibekali pengetahuan tentang kopi dari awal produksi sampai kopi dituangkan ke dalam gelas serta pengalaman pendiri FILLMORE selama berbisnis di dunia kopi. Kami belajar teknik-teknik membuat kopi dari espresso sampai latte art. Kami tidak menyangka bahwa ternyata pembuatan kopi membutuhkan ketelitian dan tidak sesederhana yang kami pikirkan.

 

Di hari kedua SPECTRE, seluruh siswa hadir untuk mengikuti rangkaian acara yang menyenangkan. Bidang 7 mengadakan acara seputar olahraga dan kesehatan. Acara dibuka dengan Talkshow “Get Fit” dengan narasumber Kevin Hendrawan yang adalah pemenang L-Men Of The Year 2014, TV Host, dan YouTuber yang sangat inspiratif. Selain itu, Bidang 7 juga mengadakan perlombaan olahraga antar kelas dengan sistem pos yang bernama ULTRAMAN (Ultimate Strong Man). Bidang 7 juga mengadakan Healthy Food Festival di kantin dengan mengundang sejumlah stand makanan sehat yang lezat.

 

Bidang 6 selaku bidang kewirausahaan mengadakan sejumlah workshop kreatif untuk melatih keterampilan dan kreativitas siswa. Workshop pertama adalah Beauty Class dengan narasumber beauty vlogger Veronica Ong serta bekerja sama dengan brand MAKEOVER. Untuk siswa laki-laki, kami mengadakan workshop DENIM 101 dengan mengundang narasumber SAGE Denim. Peserta belajar tentang Denim dari proses produksi dan juga peluang bisnis.

 

Kami juga mengadakan Cooking Class. Dalam Cooking Class kali ini, peserta belajar memasak Pasta (spaghetti carbonara dan aglio olio) dengan narasumber siswa kelas XII IPS yaitu Nathaniel Alvin. Dalam Cooking Class ini, kami tidak hanya mengajarkan cara memasak, tetapi kami juga membekali peserta dengan cara pengemasan dan pemasaran hasil masakannya. Selain itu, bidang 6 juga mengadakan workshop 3D Fashion Illustration bersama designer sukses yang juga adalah alumni SMAK 3 yaitu Stella Lunardy. Workshop terakhir adalah “Brush Lettering on canvas bag” Workshop dengan narasumber Asti Husain, yang diadakan oleh Bidang 9. Seluruh siswa peserta acara SPECTRE sangat menikmati acara dari awal sampai akhir karena hari terakhir sekolah dapat dimanfaatkan dengan mempelajari hal-hal baru yang membuka wawasan dan meningkatkan potensi diri.

Blessdy Clementine, XII SOS, SMAK 3 PENABUR Jakarta