Kegiatan KKO (Parent Cell Group) di SMAK 3 PENABUR

Kegiatan KKO (Parent Cell Group) di SMAK 3 PENABUR Jakarta diadakan 4 kali selama 1 tahun pelajaran pada hari Sabtu pada pukul 07.30 WIB – 10.00 WIB. Kegiatan KKO ini selalu hidup karena selalu ada sesi sharing dari para pembicara. Orang tua yang hadir sangat aktif dalam melakukan diskusi dan tanya jawab baik kepada pembicara ataupun kepada sesama orang tua.

Di tahun pelajaran 2016-2017, SMAK 3 mengangkat tema besar KKO mengenai Perencanaan Karir. Harapan kami, orang tua mampu secara aktif mendampingi putra-putrinya dalam perencanaan karir khusunya perencanaan pendidikan lanjutan ke perguruan tinggi. Kami menyadari betul peran sekolah dalam hal ini tidak bisa berjalan sendiri tanpa adanya bantuan peran aktif dari orang tua sendiri. Selain itu tema ini kami harapkan juga mampu menjawab kebutuhan siswa yang membutuhkan pendampingan lebih mengenai perencanaan karir mereka di masa depan.

Kegiatan KKO pertama kami lakukan pada tanggal 16 September 2016. Tema kecil pada kegiatan ini adalah “Mimpi Anakku – Mimpiku”. Dengan tema ini kami mengharapkan orang tau mampu mengetahui dan memahami mimpi dan cita-cita dari anak-anak mereka. Pembicara KKO pertama adalah Bapak Andre Imam. Beliau adalah seorang Pendeta yang memberikan perhatian khusus terhadap pola hubungan orang tua dan anak. Bapak Andre memberikan banyak tips dan sharing mengenai pola asuh orang tua yang dapat digunakan untuk membantu mengetahui dan memahami mimpi serta cita-cita dari anak-anak.
Kegiatan KKO kedua dilaksanakan pada tanggal 12 November 2016 dengan tema “Parent & Children’s team work”. Tujuannya adalah supaya orang tua dan anak mampu bekerja sama dengan baik untuk menumbuhkan sikap yang berguna dalam diri anak sebaga upaya mereka mempersiapkan masa depan.Pada acara ini kami bekerjasama dengan SUN Foundation untuk boleh menghadirkan pembicara yang bisa memahami pola pikir dari anak-anak. SUN Foundation menghadirkan pembicara dari yayasan Adam Khoo yang mengerti betul cara berpikir dan cara bekerja anak-anak masa kini. Beliau sharing kepada orang tua berdasarkan pengalamannya dalam pendampingan anak-anak di kegiatan Adam Khoo. Kegiatan KKO ini sangat hidup karena pembicara mengajak orang tua membuat pesawat dari kertas untuk mengasumsikan pola pikir kerjasama antara orang tua dan anak.

KKO ketiga kami laksanakan pada tanggal 4 Februari 2017 dengan subtema “Anak Robot-Orang tua Jadul” dengan tujuan orang tua mampu memahami hal-hal yang terjadi di masa kini mempengaruhi menat karir anak-anak dimasa depan yang mungkin berbeda dengan minat karir orang tua jama dulu. Pembicara KKO ini adalah ibu Grace Bustami.

Dan KKO terakhir kami adakan pada tanggal 6 Mei 2017 dengan subtema “Good Communication-Good Parent”. Tujuannya orangtua mampu membangun komunikasi yang baik dengan anak-anak mereka dalam upaya pendampingan perencanaan karir. Pembicara KKO ini adalah Bapak Evans Garey. Beliau adalah dosen Psikologi UKRIDA. Dalam acara ini beliau memaparkan banyak fakta mengenai pola pikir remaja saat ini dan apa saja yang mereka butuhkan dimasa sekarang dan prediksinya di masa depan.

Pada acara KKO terakhir ini kami juga memberikan kenang-kenangan sebagai apresiasi kami kepada para orang tua yang selalu hadir dalam acara KKO kami selama satu tahun pelajaran.

Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Bapak dan Ibu sekalian yang sudah mendukung berjalannya acara KKO ini sehingga acara bisa tetap berjalan dengan hidup. Kami harap Bapak dan Ibu sekalian dapat merasakan perubahan yang berarti terutama dalam hubungan orang tua dan anak. Sampai bertemu kembali pada acara KKO tahun pelajaran 207-2018. Kami mengharapkan partisipasi aktif kembali dari bapak dan ibu sekalian. Tuhan memberkati.