BINA IMAN Kelas XI SMAK 3 PENABUR JAKARTA

Pada Rabu, 11 Oktober hingga Jumat, 13 Oktober lalu, seluruh siswa kelas XI SMAK 3 Penabur Jakarta mengikuti acara bina iman yang mengusung tema “I Will Follow Him” dan tema besar “kesetiaan”. Acara yang diadakan selama tiga hari ini dilayani oleh Pdt. Mulyadi Oei dan Pdt. Grace Bustami. Agenda selama tiga hari tersebut dimulai dengan ibadah pembuka yang dilayani oleh Pdt. Grace. Ibadah ini mengambil nas alkitab dari Kejadian 40:23 yang merupakan bagian dari kisah kesetiaan Yusuf dalam pahitnya kehidupannya di Mesir. Pada sesi pertama, Pdt. Mulyadi mengambil ayat pokok dari Matius 25 : 14-30. Inti dari sesi ini adalah kesetiaan sebenarnya berbicara tentang pengorbanan. Acara dilanjutkan dengan sesi yang berbicara tentang konflik-konflik dan hambatan kesetiaan serta bagaimana melakukan kesetiaan yang aktif.

Pada hari kedua, Pdt. Grace mengajarkan bagaimana kesetiaan harus tetap dilakukan di masa sulit sekalipun. Sesi ini mengambil kisah kesetiaan  Ayub kepada TUHAN dalam kesulitan dan penderitaan dari Ayub 1:20-22. Beliau melanjutkannya dengan learning activity yang merupakan pembelajaran akan aplikasi kesetiaan yang mengajarkan kami untuk memberi, bukan meminta atau melakukan barter kepada sesama. Malam harinya, diadakannya acara talent show yang merupakan pertunjukan bakat dari masing-masing kelas yang sudah dipersiapkan sebelumnya mengundang banyak gelak tawa akibat kelucuan-kelucuan yang ditampilkan. Setelah itu, kami diajak untuk merenungkan kesetiaan secara lebih mendalam di dalam sesi dedication service yang juga dilayani oleh beliau.

Di hari berikutnya, pagi-pagi benar kami sudah disuguhi dengan games outdoor. Panitia menyediakan empat games yang harus dimainkan oleh setiap kelompok yang sudah dibagi sebelumnya. Games tersebut pun tetap mengacu pada tema “kesetiaan”. Siangnya, kami berbenah dan melaksanakan ibadah penutup yang dilayani oleh Pdt. Mulyadi dari Kejadian 32-33 tentang Yakub yang melihat wajah Allah kemudian melihat wajah Esau yang menyiratkan bahwa kita dapat melihat wajah Allah pada wajah sesama kita.  Setelah pengumuman pemenang talent show dan games, kami semua kembali ke sekolah dan kembali ke rumah kami masing-masing dengan hati gembira, rasa kebersamaan yang sudah kami rasakan, dan banyak manfaat dari pengajaran dan pembelajaran yang sudah kami terima selama bina iman tersebut.

Calvin Charis XI A 2