SMAK 3 MERAIH MEDALI EMAS OSN MATEMATIKA di PADANG 2018

Nama saya Hendrikus Hansen Witarsa, kelas 11 di SMAK 3 dan pada bulan Juli kemaren saya mengikuti OSN Matematika SMA dan mendapatkan medali emas.
Karena saya tahun lalu sudah mengikuti OSN dan menjalani pelatnas sampai tahap 2, saya langsung mengikuti OSP. Sebelum OSP, peserta dari Jakarta mendapat pelatihan selama 10 hari. Dan di Penabur juga mendapat pelatihan seminggu sekali untuk waktu yang cukup lama. Kami para peserta harus meninggalkan sekolah 10 hari untuk pelatihan. Kegiatan OSP dilaksanakan pada tanggal 19 April, walaupun beberapa provinsi sudah melaksanakannya terlebih dahulu. Soal berisi 20 isian dan 5 esai, dan dikerjakan dalam waktu 3 setengah jam. Beruntung saya bisa mengerjakannya dengan baik walaupun ada beberapa kesalahan. Pengumuman OSP terbilang cukup lama karena kita harus menunggu 1 bulan. Baru pada Mei akhir pengumuman sudah keluar dan saya lolos ke OSN menjadi tim Jakarta.

Pada bulan Juni, DKI Jakarta mengadakan pelatihan untuk peserta yang lolos ke OSN. Pelatihan diadakn di SMA MHT selama 10 hari. Pelatihan dibagi menjadi 2 tahap. Tahap pertama pada tanggal 4 sampai 8 Juni , tahap kedua pada tanggal 25 sampai 29 Juni. Pada pelatihan ini kita menginap di asramanya dan belajar dari pagi sampai malam.Tim matematika diajarkan oleh beberapa guru olimpiade dan beberapa dosen dari berbagai universitas.
OSN dilaksanakan pada tanggal 1 sampai 7 Juli di Padang,Sumatera Barat. Kontingen DKI Jakarta berangkat pada pagi hari. Kita sampai di hotel dan menunggu sampai sore hari untuk checkin. Untuk matematika, 1 kamar berisi 3 orang dari daerah yang berbeda agr kita saling mengenal. Hari kedua yaitu 2 Juli merupakan hari pembukaan dimana semua peserta dan juri serta beberapa tamu VIP lainnya mengikuti pembukaan di Universitas Padang.
Lomba diadakan 2 hari yaitu hari ketiga dan keempat. Peserta matematika berangkat untuk mengikuti lomba. Lomba dimulai pukul 8 sampai 12 siang. Untuk hari pertama dan kedua, masing masing terdiri dari 4 soal esai, jadi total ada 8 soal yang dikerjakan dalam waktu 8 jam. Pada hari pertama , saya bisa mengerjakan 3 soal dari 4 soal, begitu juga dengan hari kedua. Total saya bisa mengerjakan kira kira 6 dari 8 soal. Setiap soal bernilai 7 maksimal. Setelah hari kedua lomba selesai, barulah saya dan teman teman saya dari berbagai deaerah jalan jalan. Hari kelima yaitu 5 Juli, kami semua pergi ke Bukittinggi untuk berwisata. 6 Juli adalah hari pengumuman. Pengumuman mulai dari SD, SMP , lalu SMA dan mulai dari perunggu. Saya mendapat emas kedua untuk bidang matematika. Dan pada hari terakhir kami semua pulang ke daerah masing masing dan OSN 2018 sudah selesai. Itulah pengalaman saya tentang OSN 2018.