Dirgahayu Indonesiaku

SMAK 3 PENABUR Jakarta , turut memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke 73. Pada hari Jumat, 17 Agustus 2018 para murid diwajibkan datang ke sekolah untuk mengikuti kegiatan upacara. Upacara di mulai pada jam 07.00 WIB di lapangan SMAK 3 PENABUR JAKARTA. Tidak hanya murid SMA namun murid SD pun ikut serta dalam upacara memperingati hari kemerdekaan. Upacara berlangsung dengan hikmat dan lancar. Pelaksana pengibaran bendera merah putih adalah tim paskibra dari SMAK 3 PENABUR. Setelah upacara selesai, para siswa di persilahkan pulang untuk melanjutkan aktifitas berikutnya.
Pada hari senin tanggal 20 Agustus 2018, SMAK 3 PENABUR mengadakan class meeting dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke-73. Banyak perlombaan-perlombaan yang dilaksanakan di acara ini, diantaranya balap karung, tarik tambang, makan kerupuk, dan perlombaan-perlombaan tradisional lainnya.
Perlombaan yang paling banyak menarik perhatian penonton (murid, guru, dan staff) adalah perlombaan tarik tambang. Awalnya perlombaan tarik tambang hanya berlangsung antar murid, namun pada puncak acara dilangsungkan perlombaan tarik tambang antar murid dan guru.
Tak peduli guru mata pelajaran apapun, semuanya ikut berpartisipasi dalam perlombaan ini. Perlombaan ini sangat sengit, karena para guru dan murid memiliki kekuatan yang imbang. Pada babak pertama murid berhasil mengalahkan guru, dan pada babak kedua dari pertandingan yang sengit ini, guru berhasil mengalahkan para murid.
Kemenangan guru menutup acara peringatan hari kemerdakaan Indonesia yang ke 73 ini. Acara selesai pada pukul 15.20 dan ditutup dengan doa.